Halo! Nama saya Vania Salsabella  Binusian 2020 jurusan Teknik Informatika.

Salam kenal!

.

.

.

Freshmen Enrichment Program atau yang disingkat FEP adalah orientasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru Binus. Kami disebut buddy dan kami dibimbing oleh Buddy Coordinator atau disingkat BC. FEP dibagi menjadi tiga: General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation. Saya akan menceritakan tentang general orientation yang berlangsung selama enam hari.

 

Hari Pertama

Petama-tama saya meminta maaf jika bahasa yang saya gunakan tidak formal.

Karena banyaknya mahasiswa baru yang mendaftar Binus, FEP dibagi menjadi beberapa gelombang. Saya ditempatkan di gelombang dua atau BBN tepatnya kelas BBN01. Tanggal 1 Agustus 2016, jam 08.00 pagi saya sudah sampai di kampus Syahdan. Saya sengaja datang lebih pagi karena saya takut nyasar. Ruang kelas saya adalah K1B. Saya tidak tau K1B di mana sehingga saya keliling-keliling Syahdan hampir selama 45 menit. Sesampainya di depan kelas saya duduk-duduk sebentar. Tidak lama, datang kakak-kakak dengan jaket almamater. Mereka mempersilahkan kami masuk ke dalam kelas. Dari sekitar 60-an orang di dalam kelas, perempuan di kelas saya hanya empat orang. Kami didampingi dengan tujuh BC yang juga semuanya laki-laki. Ya, sedih aja perempuannya cuman empat mana kakak BC nya juga laki-laki semua. Hari pertama kami hanya briefing aturan dan ketentuan selama FEP 5 hari ke depan.

 

Hari Kedua

Selasa, 2 Agustus 2016

Kami datang ke kampus Syahdan dengan kemeja putih dan celana bahan. Jadwal hari ini adalah Binusian Journey yang diajarkan oleh para BC. Binusian Journey adalah penjelasan tentang sejarah Binus. Kami juga belajar Mars Binus dan Mars Binusian.

 

Hari Ketiga

Rabu, 3 Agustus 2016

Hari ini kami masih di kampus Syahdan. Jadwal kami hari ini adalah perkuliahan, ujian, dan registrasi. Kami diajarkan banyak hal seperti syarat kelulusan,masalah pembayaran, syarat ujian, dan lain-lain. Hari ini juga kami kedatangan kakak-kakak dari HIMTI yang mempromosikan acara mereka yaitu HTTP.

 

Hari Keempat

Kamis, 4 Agustus 2016

Hari ini kami ke kampus Anggrek. Jadwal kami siang, tapi kami masuk lebih pagi karena berencana untuk membuat video untuk ulang tahun Binus ke 35 dan latihan yel-yel. Pada hari itu, ada beberapa teman kami yang Binus Maya nya error. Sesi Binus Maya nya tidak ada sehingga ada beberapa dari kami yang asal masuk kelas. Pada sesi Binus Maya, kami belajar tentang cara menggunakan Binus Maya, website untuk melihat hampir semua data yang kita perlukan sebagai mahasiswa Binus. Karena sesi Binus Maya sebentar, kakak-kakak BC kami sempat mengajarkan kami dasar-dasar coding. Setelah sesi Binus Maya, kami diberi waktu sebentar sebelum sesi bunga rampai. Sesi bunga rampai berada di auditorium Binus. Ini pertama kalinya saya ke auditorium. Ruangannya luas banget, kursinya juga enak, dilengkapi dengan kamera yang tersebar di seluruh ruangan. Bunga rampai adalah sesi dimana semua UKM yang ada di Binus mempresentasikan UKM nya. Acaranya keren banget dari awal sampai akhir tidak ada bosan-bosannya. Hari itu kami pulang agak sore, sekitar jam 4-5 sore. Walaupun pulang sore kami masih senang karena menurut saya, acara bunga rampai adalah acara yang paling seru.

 

Hari Kelima

Jumat, 5 Agustus 2016

Hari ini kami ada tiga sesi. Yang pertama adalah Binus Way yang dipimpin langsung oleh rektor Binus, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. Beliau megajarkan kepada kita untuk selalu bekerja keras dan menjalankan semuanya dengan senang. Sesi kedua adalah  sukses kuliah dan aturan tata tertib kehidupan kampus yang dipimpin oleh dosen dan sesi kerohanian. Sesi sukses kuliah dan aturan tata tertib kehiduapan kampus sangat menarik karena beliau mengajar dengan antusias dan santai sehingga kami merasa senang mendengarkannya setelah itu, kami ada sesi kerohanian. Setelah kerohanian, kami diperbolehkan pulang, tapi kami menggunakan waktu hingga siang hari untuk latihan yel-yel.

 

Hari Keenam

Sabtu, 6 Agutus 2016

Kami mendapat sesi kebersamaan pada pagi hari. Bersama dengan BBN lain, kami memperlihatkan yel-yel masing-masing. Walaupun kami sempat lupa lirik dari yel-yel kami, kami cukup senang dengan sesi kebersamaan. Setelah kebersamaan, kami dipisah menjadi beberapa kelompok kecil untuk keliling-keliling expo. Expo adalah acara yang kami tunggu-tunggu yaitu acara pendaftaran UKM. Acaranya rame, seru dan setiap UKM mengiklankan UKM nya dengan baik dan unik. UKM pecinta alam mendemonstrasikan turun dari lantai empat dengan tali yang sangat menegangkan, UKM band main musik live selama expo berlangsung, dan masih banyak lain. Pada akhirnya saya mendaftar Nippon Club dan daftar HTTP. Saya tidak mendaftar banyak UKM karena takut tidak bisa membagi waktu.Saya mendaftar Nippon Club dengan harapan dapat mengembangkan softskill saya seperti bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan saran dari orang lain, dan mengerti kepribadian orang lain. Siang hari, kami semua ngumpul di plaza untuk foto bersama dan memberikan surat yang kami tulis untuk semua kakak BC. Rasanya senang , sedih GO sudah selesai karena BBN01 adalah kelas yang tadinya diem-dieman. Saat pemilihan komti, yang mengajukan diri hanya dua orang. Tapi akhirnya kami dapat menyatu dan kompak.

 

FEP di Binus beda dengan universitas lainnya. Pada GO ini kami belajar banyak tentang Binus seperti peraturan dan syarat kelulusan. Selama GO ini kami senang sekali karena BC kami baik dan selalu membantu kami dalam baik membuat yel-yel atau video 35 tahun Binus. Walaupun sekelas perempuannya cuman empat orang dan BC nya laki semua tapi seneng banget dan seneng bisa akrab dengan teman-teman BBN01.

 

BBN01? PERKASA

😀

 

 

 

Leave a Reply